-->
Nyalakan.com

follow us

Cara Jitu Menghafal Rumus Fisika, Matematika dan Kimia

Nomor Jitu Untuk Menghafal Rumus Fisika, Kimia dan Matematika
Nyalakan.com - Rumus adalah tatacara dalam menyelesaikan berbagai persoalan dalam matematika, fisika bahkan dalam kimia. Maka seorang pelajar terutama jurusan IPA dituntut untuk bisa menghafal beragam rumus untuk setiap persoalan sehingga bisa menyelesaikan setiap bentuk soal ujian. Begitu juga dengan yang ingin mendapatkan nilai baik dikala ujian, baik pada ice break tes, Ujian harian maupun ujian pokok seperti Mid Semester, Ujian Semester dan Ujian Nasional.  Khusus ujian akhir, menghafal rumus adalah sebuah kewajiban. Masalahnya selama beberapa tahun pasti sudah satu karung penuh jumlah rumus yang kita catat di buku catatan dan faktanya hanya kurang lebih 25 % yang tercover oleh memori otak. Betul apa benar?

Dalam postingan singkat ini akan diuraikan tata cara menghafal rumus matematika atau fisika maupun kimia dengan mudah. Ayo kita lihat caranya, Tarik nafas, duduk yang manis mari lanjutkan membaca. Misalkan ada rumus seperti di bawah ini? 
Vp/Vs = Np/Ns
Pp = Vp x Ip
Np/Ns = Is/Ip
Vp/Vs = Is/Ip
Ps = Vs x Is
Bagaimana mengingat dan menghafal rumus-rumus tersebut di atas?

Rumus adalah informasi yang dibaca oleh otak kiri. Agar dapat dibaca Otak Kanan, tiap bagian dalam rumus tersebut kita ubah menjadi sebuah benda, sehingga dapat di imajinasikan. Berikut adalah contoh Imajinasi atau versi cerita admin:
1. Vp = Vespa, Vs=Venus,Np=Napi,Ns=Nasi
Vp/Vs = Np/Ns
Vespa nimpa Venus sebelahnya ada Napi nginjak Nasi
2. Pp=Papa, Vp=Vespa, Ip=Ipung
Pp = Vp x Ip
Papa Melihat Vespa nabrak Ipung
3. Np = Napi, Ns=Nasi,Is=Iis,Ip=Ipung
Np/Ns = Is/Ip
Napi nginjak Nasi tadi ada yang kaget Iis nginjak Ipung
4. Vp/Vs=Is/Ip
Vespa nimpa Venus bikin juga Iis nginjak Ipung
5. Ps=Vs x Is
Di Pasar ada Vespa nabrak Iis
Jadi perlu membuat rumus-rumus tersebut dalam sebuah cerita, sehingga mudah dan cepat menguasainya. Sementara untuk KALI bisa anda namakan dengan NABRAK misalnya, untuk TAMBAH bisa anda namakan dengan LARI, tergantung kesepakatan diri anda. Demikianlah tips singkat untuk Cara Cepat Menghafal Rumus. Itulah trik dan tips menghafal rumus dengan cepat semoga bermanfaat dan selamat mencoba, kalau di rasa bermanfaat silahkan di share! 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar