-->
Nyalakan.com

follow us

6 Beta Blocker Alami Bagi Penderita Anxiety Disorder

Kecemasan (anxiety) adalah keadaan psikofisiologi (psychophysiological) seseorang yang memicu berbagai perasaan seperti rasa takut, sedih, khawatir, kelelahan, dll sebagai respon terhadap segala jenis stres biologis atau psikologis. Terdapat berbagai jenis kecemasan dan tidak semuanya memerlukan pengobatan khusus.

Pada sebagian orang, kecemasan hanya berlangsung sementara dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun. Namun, terdapat sebagian orang lain yang membutuhkan pengobatan khusus sehingga dapat menjalani hidup normal dan sehat.

Beta blocker merupakan salah satu jenis pengobatan kecemasan yang biasa dilakukan. Beta blocker, juga dikenal sebagai beta-adrenergik blocking agent adalah jenis obat yang digunakan untuk mengelola berbagai kondisi jantung seperti aritmia jantung, serangan jantung, dan hipertensi.

Selain untuk berbagai masalah jantung, beta blocker menunjukkan respon positif ketika digunakan untuk mengatasi kecemasan. Beta blocker bekerja dengan menghalangi adrenalin dan membantu seseorang untuk merasa lebih tenang. Namun, layaknya obat-obatan kimia, beta blocker rmenunjukkan beberapa indikasi efek samping.

Beta Blocker Alami untuk Mengatasi Kecemasan

Obat beta blocker tidak cocok digunakan oleh orang-orang yang menderita kondisi kesehatan tertentu seperti asma dan masalah bronkial lainnya. Disinilah beta blocker alami bisa menggantikan obat-obatan beta blocker. Selain itu, beta blocker alami juga relatif aman tanpa menimbulkan efek samping.

Berikut adalah berbagai beta blocker alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kecemasan (anxiety).

1. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah minuman herbal yang dibuat dari bunga chamomile. Teh ini sarat dengan antioksidan yang bermanfaat untuk relaksasi pikiran, tubuh, serta otot. Teh chamomile juga membantu mengontrol tingkat tekanan darah dan tingkat stres. Minuman herbal ini juga mampu menginduksi tidur dan membantu menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang menyebabkan kecemasan.

2. Jus Delima

Seiring dengan khasiat anti-karsinogenik, jus delima juga mengandung banyak antioksidan yang membuatnya menjadi beta blocker alami untuk meredakan kecemasan. Seiring mengurangi tingkat stres, jus delima juga mengontrol tingkat tekanan darah, kadar kolesterol darah, yang pada gilirannya menurunkan tingkat kecemasan.

3. Berbagai Herbal

Terdapat berbagai macam herbal yang memiliki sifat beta blocker alami seperti kava, akar valerian, St Johns Wort, inula racemosa, dll. Seseorang bisa mengkonsumsinya dalam bentuk minuman (teh) atau menggunakan minyak serta ekstraknya (atau pil) untuk mencegah kecemasan.

4. Makanan Kaya Kalium

Berbagai makanan kaya kalium seperti pisang, kismis, jeruk, plum, kenari, kacang-kacangan, kentang, ubi jalar, aprikot, wortel, bit, brokoli, kubis Brussel, tomat, ikan cod, tuna, ikan halibut, dan daging merupakan makanan kaya kalium yang mampu mencegah masalah kecemasan dan masalah jantung.

5. Makanan Kaya Magnesium

Makanan kaya magnesium juga memiliki kemampuan mengurangi kecemasan. Makanan seperti oatmeal, seledri, bayam, kenari, biji jintan, biji mustard, sereal, kakao, biji-bijian, susu, kacang, kacang merah, kedelai, ikan halibut, dll, harus dimasukkan dalam diet untuk mengurangi tingkat stres yang menyebabkan kecemasan.

6. Makanan Kaya L-arginin

Berbagai sumber makanan yang mengandung L-arginine (salah satu asam amino esensial) juga bermanfaat mengobati kecemasan. Inilah alasan mengapa makanan seperti daging merah, makanan laut seperti tuna, halibut, kerang, kalkun, daging sapi, daging babi, dll, yang mengandung L-arginin dan GABA (salah satu asam amino esensial) merupakan beta blocker alami yang mampu menurunkan kecemasan.

Selain yang disebutkan di atas, berbagai pengobatan alami seperti aromaterapi, meditasi, yoga, latihan pernapasan, terapi pijat, akupunktur, dll, juga diyakini bisa mengatasi gangguan kecemasan (anxiety).

Demikianlah 6 Beta Blocker Alami Untuk Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan). Semoga Artikel ini bermanfaat. (Disadur dari beberapa sumber)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar